Home » Artikel » Makanan » Lupis Mbah Satinem Melegenda, Masuk Netflix!
Jajanan lupis Mbah Satinem ini sudah terkenal legendaris, usahanya sudah berdiri selama kurang lebih 58 tahun lamanya. Hebatnya rasa yang ditawarkan pun juga selalu konsisten hingga sekarang. Hal itulah yang membuat lupisnya ini disukai oleh banyak orang.

Seporsi lupis yang ia bandrol juga harganya masih terjangkau. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 10.000 saja teman-teman cuisinesia sudah bisa menikmati seporsi lupis. Satu porsinya itu disajikan dengan lupis, cenil, gatot, kelapa parut, dan siraman gula merah cair yang sangat enak dan bikin inget terus, sekali suap rasanya menari di lidah.

Lupis Mbah Satinem
Photo by Phone Raka Valendy

Sudut pandang lain

Ada semacam kesepakatan-kesepakatan yang bersemayam panjang di batin bagi orang Jawa, jika satu cukup, maka cukupkan. Tidak akan meminta lagi dua, tiga, empat dan seterusnya, cukup satu saja.

Maka itu jualah yang Mbah Satinem lakukan. Selama berpuluh tahun bersetia berjualan lupis, Ia yang sudah sepuh dengan punggung yang sungguh membungkuk seumur hidup hanya berjualan lupis hasil belajar dari ibunya pada kala masih muda.

Hasil bersetia pada satu jenis kuliner ini membuat Mbah Satinem menjadi legenda boga Ngayogyakarta, Ia menembus dunia lewat tayangannya di Netflix yang di satu tayangannya juga bercerita tentang bagaimana rasa syukurnya diwujudkan dalam bentuk berdagangnlupis setiap pagi, selama kuat, selama masih sehat.

Mbah Satinem adalah ejawantah dari filosofi orang jawa yang sesungguhnya. Bisa dan mampu bilang cukup jika memang sudah cukup, tidak serakah, tidak menambah. Itu pula yang membuat Mbah Satinem tidak menambah porsi jualannya, meski pelangganya semakin bertambah, antriannya panjang, Mbah Satinem akan membuat lupis sekuatnya, semampu yang ia bisa, tidak menambah porsi meski pengunjung membanjir sekalipun.

Mbah Satinem mengajarkan pada kita semua yang barangkali haus akan hasil dan selalu meminta lebih, bahwa merasa cukup adalah sikap hidup yang membawa pada ketenangan, ketentraman hidup dan umur panjang.

Baca Juga : Mie Gacoan Rame Setiap Hari! Kok Bisa?

Lupis Mba Satinem Cuisinesia
Photo by Phone Raka Valendy

Oh iyaa, ini sedikit contoh foto seporsi lupis Mbah Satinem, mungkin gambarnya kurang menggugah selera, tapi percayalah rasanya enak bangetttt. Enaknya itu jadi bikin lupa deh ambil gambar yang bagus hehehe.

Mbah Satinem melayani para penikmat lupis buatannya dengan sepenuh hati. Telaten meracik satu per satu menjadi hidangan yang membekas di ingatan pembeli. Di usianya yang senja, ia terus berbagi kebahagiaan lewat cita rasa makanan tradisional.

Lupis Mbah Satinem Cuisinesia
Photo by Phone Raka Valendy

Lokasi

Berada di sekitar 500 meter dari Tugu Jogja ke arah Barat
Jl. Bumijo No.52-40, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55231

Buka jam 6 pagi, lupis Mbah Satinem bisa ludes pukul 07.30 WIB. Beberapa pembeli sering kehabisan karena sudah tak kebagian. Tak boleh kesiangan, menikmati lezatnya lupis Mbah Satinem memang butuh perjuangan ya!

Dan kalau kesini jangan lupa ambil nomor antrian yaa, ga bisa langsung nyelonong aja hihi.

Kalau kalian suka sama artikel ini, jangan lupa share ke temen-temen Cuisinesia lainnya ya!

Baca Juga : Tips Simpan Sisa Kue Biar Tetep Enak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.