Menu rice bowl banyak bermunculan di aplikasi online food delivery dengan jenis menu andalan masing – masing di tiap merk dagang. Tren ini muncul dikarenakan adanya pergeseran kebiasaan dan fokus bisnis FnB yang dulunya offline menjadi online

Curry Rice

Gojek sudah memprediksi ini pada tahun 2020 di mana dessert box dan rice bowl merupakan menu yang diprediksi akan populer pada tahun 2021 dalam laporannya yang berjudul “Kilas Balik 2020 & Tren Usaha 2021”. Dinamika ekonomi yang tidak terduga juga membuat masyarakat ingin membuat usaha sebagai sumber penghasilan tambahan.

“ A Big Business Starts Out Small”

Jika kamu takut untuk memulai bisnis karena modal, semua bisnis berawal dari bisnis yang kecil kata Richard Branson. Kamu bisa memulai bisnis dari dapur rumah kamu apalagi dengan zaman yang hampir semuanya beralih ke dunia digital di mana kamu dapat memasarkan usaha kamu secara online. Dengan adanya jasa online food delivery, kamu dapat menggapai pelanggan kamu dengan satu klik saja.

Menu rice bowl banyak bermunculan di aplikasi online food delivery dengan jenis menu andalan masing – masing di tiap merk dagang. Mulai dari masakan Indonesia, Barat, Jepang, dan Thailand, menu ini bersifat sederhana dan praktis disantap di mana saja.

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis rice bowl rumahan, kamu pasti bertanya-tanya kira-kira menu apa saja ya yang laku untuk dijual dipasaran.

Menu Rice Bowl

Berdasarkan data yang diambil dari 36 franchise, menu rice bowl yang paling banyak muncul di berbagai merk dagang antara lain Sambal Bawang (39%), Sambal Matah (36%), Salted Egg (31%), Mayo (28%), Japanese Curry (28%), Mentai (22%), Teriyaki (22%), Nanban (19%), Sambal Ijo (19%), Korean Gochujang (19%), Yakiniku (19%), dan Truffle (19%). Jika kamu ingin mencoba menguliknya, berikut ini 5 resep menu rice bowl terpopuler yang dapat kamu jadikan bisnis rice bowl rumahan. 

Siapa yang tak kenal dengan saus telur asin. Sejak 1950-an telur asin berkembang di Indonesia yang kemudian banyak digunakan sebagai saus di masakan Cina. Popularitas saus telur asin berawal di Singapura.

Mulai dari kepiting, udang, cumi, hingga ayam; saus telur asin sangat cocok dipadukan dengan daging yang digoreng tepung. Tidak hanya dipakai di menu makanan berat, telur asin juga bisa kamu temui di menu makanan ringan seperti Bakpao Telur Asin.

Walaupun hidangan telur asin sudah lama dikonsumsi di Indonesia, popularitasnya kembali mencuat dengan munculnya tren Salted Egg Chicken Rice Box. Hidangan telur asin secara sporadis berkembang kembali di Indonesia.

Diprakarsai oleh Eatlah dengan menu rice bowl Salted Egg Chicken – nya, hal tersebut menginspirasi banyak pengusaha lain untuk menciptakan variasi hidangan telur asin ke dalam menunya.

Tren menu rice bowl Salted Egg Chicken yang muncul sejak tahun 2016 tidak pudar popularitasnya hingga tahun 2021. Masih banyak pemain-pemain usaha FnB baru yang memakai saus telur asin sebagai hidangan utamanya.

Bahan dasar Salted Egg Chicken cukup mudah untuk dibuat di rumah. Untuk kamu yang ingin memulai bisnis rice bowl rumahan, berikut ini resep Salted Egg Chicken yang bisa kamu buat dan kamu jual dari rumah.

Ayam:

300 gr Paha Ayam (tanpa tulang)

½ sdm Kecap Ikan

½ sdt Garam

½ sdm Bawang Putih (cincang)

200 gr Tepung Terigu

1 sdt Garam

½ sdt Baking Powder

½ sdt Lada Putih

Saus Telur Asin:

4 buah Kuning Telur Asin

½ sdm Saus Tiram

2 sdt Susu Kental Manis

2 – 4 Cabe Rawit

10 – 15 Daun Kari

1 sdm Margarin

¼ sdm Kaldu Ayam

150 ml Susu

Sumber: Video Youtube William Gozali

2. Rice Bowl Ayam Geprek Sambal Bawang

Mahasiswa atau kamu yang tinggal di Jogja, pasti sudah tidak asing lagi dengan menu Ayam Geprek yang bisa ditemukan di mana-mana. Mulai dari warung rumahan hingga franchise besar, ayam geprek merupakan menu populer yang dapat diterima oleh lidah orang pada umumnya.

Ayam geprek mulanya muncul di Jogja pada tahun 2003 saat penjual ayam goreng tepung diminta pelanggannya untuk menambahkan sambal di atas ayamnya.

Ayam geprek pada umumnya adalah ayam goreng tepung yang “dipukul” dan dihidangkan dengan sambal. Jenis sambal yang paling sering dipadukan dengan ayam geprek adalah sambal bawang.

Saking populernya, menu ayam geprek dapat dibilang adalah menu usaha anti-gagal, karena sekecil apapun usaha ayam geprek yang dibuat pasti ada saja orang yang akan membelinya. Artis ternama Ruben Onsu pun, mengadopsi konsep ayam geprek ke dalam merk dagangnya yang sekarang sangat populer yaitu Geprek Bensu.

Popularitas yang tiada henti ini membuat pengusaha FnB baru mengadopsi ayam geprek ke dalam menu ini. Untuk kamu yang ingin membuat ayam geprek untuk sekedar makan di rumah atau dijadikan sebagai usaha rice bowl, berikut merupakan resep mangkuk nasi ayam geprek sambal bawang. 

Ayam Geprek:

1 pasang Dada Ayam

210 g Kobe Tepung Bumbu Putih

Air (secukupnya)

Sambal Geprek (Sambal Bawang):

20 buah Cabai Rawit Merah

3 – 4 siung Bawang Putih

2 gr Terasi Bakar

50 – 80 ml Minyak

½ sdt Garam

¾ sdt Penyedap

 

Sumber: Video Youtube Devina Hermawan


3. Rice Bowl Chicken Pop Corn Sambal Matah

Jika kamu orang Bali yang tinggal atau pernah berpergian ke luar Bali, kamu akan menyadari bahwa masakan bali sulit sekali ditemukan di luar pulau Bali.

Masakan Bali sering kali kamu nikmati di rumah atau hanya dapat kamu akses saat hari raya di Pura yang kamu kunjungi. Namun, ada satu masakan Bali yang populer di kalangan masyarakat non-Bali yakni Sambal Matah.

Sambal Matah secara harfiah memiliki arti sambal mentah.  Bahan-bahan yang mentah diyakini dapat memberikan kesehatan terhadap tubuh. Sambal matah cukup mudah dibuat karena tidak perlu diulek atau digerus.

Bagi yang tidak bisa memakan sambal mentah, sambal matah dapat digoreng sebentar atau disiram dengan minyak panas hingga setengah matang. Sambal matah umumnya digunakan sebagai pelengkap hidangan seperti sate lilit, lawar, tum, pepes ikan, urap, jukut ares, dan lain sebagainya.

Rasanya yang unik dan segar dapat dinikmati banyak orang dan bisa dipadukan dengan berbagai masakan. Oleh karenanya, adanya tren ayam goreng sambal matah pun menjadi sesuatu yang tidak mengagetkan.

Salah satu hidangan yang paling sering dipadukan dengan sambal matah adalah menu rice bowl Chicken Pop Corn Sambal Matah. Berikut adalah resep chicken pop corn sambal matah yang dapat kamu buat di rumah.

Chicken Pop Corn:

250 gr Dada Ayam

1 sdt Garam

1 sdt Lada Putih

½ sdt Penyedap

1 butir Telur

3 sdm Tepung Terigu

½ sdm Tepung Maizena

¼ sdt Baking Powder

 

Sambal Matah:

7 buah Bawang Merah

4 siung Bawang Putih

13 buah Cabe Rawit

1 batang Serai (ukuran sedang)

4 lembar Daun Jeruk

 

Sumber: Video Youtube Dapur A2


4. Tamago Mayo Gyudon (Beef Rice Bowl)

Telihat jelas dari namanya, kamu pasti sudah bisa menebak bahwa Gyudon (Beef Bowl) itu berasal dari negeri sakura. Gyudon sendiri umumnya disajikan dengan semangkuk nasi, irisan daging sapi, dan bawang bombay di atasnya yang sudah dimasak dengan kecap asin jepang dan gula.

Di Jepang sendiri, Gyudon juga sering disajikan dengan onsen tamago (telur setengah matang) berserta gari (acar jahe Jepang), dan togarashi (bubuk cabai).

Gyudon awal mulanya sudah ada pada zaman Meiji. Namun, seperti di Indonesia, bentuk Gyudon seperti di atas mulai dipopulerkan di Jepang oleh restoran siap saji Yoshinoya pada tahun 1970-an. Menu rice bowl serupa juga ditawarkan oleh restoran siap saji lainnya seperti Sukiya.

Yoshinoya pun mulai mengekspansi bisnisnya ke Indonesia pada tahun 1994 namun gagal dan memulai kembali pada tahun 2010 di Jakarta. 2010 nyatanya merupakan momentum yang tepat bagi Gyudon untuk populer dikalangan masyarakat Jakarta.

Kamu para penggemar Yoshinoya pasti tahu bahwa Yoshinoya merupakan pionir Gyudon yang cukup lama mendominasi pasar Indonesia. Tidak banyak pengusaha yang menawarkan menu rice bowl Gyudon sampai akhirnya tren Gyudon merajalela karena sudah banyak orang yang membagikan resepnya.

Menu sajian Gyudon terfavorit adalah Gyudon yang dipadukan dengan saus Egg Mayo (Mayonaise Telur). Berikut ini resep yang dapat kamu coba untuk Gyudon di rumah.

 

Beef Rice Bowl:

250 gr Daging Sapi Slice

50gr Bawang Bombay

1sdt Jahe (Parut)

3 sdm Kecap Asin Jepang

2 sdm Gula

2 sdm Mirin (Arak Masak)

 

Tamago Mayo (Egg Mayo):

1 butir Telur Rebus

1 sdt Mustard

2 – 3 sdm Mayonaise

Garam (sesuai selera)

 

Sumber: Video Youtube Heytheresia

5. Rice Bowl Chicken Katsu Curry

Curry (Kari) berasal dari negara-negara di Asia Selatan seperti India. Curry merupakan salah satu masakan yang paling banyak jenis dan ragamnya. Masakan Curry juga diadopsi oleh Jepang dan memiliki cita rasa unik sendiri. Cita rasa Curry Jepang cenderung lebih manis dan berwarna kecokelatan. Curry sangat populer di rumahtangga Jepang dan cukup enak untuk dinikmati dengan semangkuk nasi saja.

Berbagai jenis daging dipadukan dengan masakan Curry di Jepang seperti daging sapi, daging babi, dan daging ayam. Bentuk paling populer hidangan Curry adalah Katsu Kare Don (Rice Bowl Curry Katsu). Katsu sendiri adalah daging yang digoreng bersama baluran tepung roti.

Curry biasanya berisi wortel, kentang, dan bawang bombay yang sudah direbus bersamaan sehingga bertekstur lembut. Jika kamu pernah mencobanya, Katsu Curry merupakan makanan yang cocok disantap di setiap suasana (comfort food).

Menu Curry adalah hidangan anti-gagal lainnya karena sulit sekali menemukan Curry Jepang yang tidak enak. Mulai dari restoran yang terspesialisasi di menu Curry atau tidak, menyantap Katsu Curry membuat kamu ingin memakannya lagi dan lagi.

Menu rice bowl Katsu Curry juga dapat kamu buat dengan praktis di rumah, terutama dengan adanya Curry Block yang mudah ditemukan di pasaran. Katsu Curry juga adalah menu terpopuler untuk bisnis nasi mangkuk. Berikut ini adalah resep Chicken Katsu Curry yang dapat kamu coba. 

 

Chicken Katsu:

2 Dada Ayam

150 gr Tepung Roti

100 gr Tepung Terigu

1 Telur

1 ½ sdt Garam

1 sdt Lada Putih

2 sdt Kecap Ikan/ Kecap Asin Jepang

2 sdt Bubuk Bawang Bombay

2 sdt Bubuk Paprika

300 ml Minyak Goreng

 

Saus Curry:

4 Blok Pasta Curry

650 – 750 ml Air Putih

2 siung Bawang Putih

1 sdt Kaldu Sapi

2 sdt Gula

½ sdt Lada Putih

 

Sumber: Video Youtube William Gozali

Ayo segera coba resep – resep populer di atas. Kembangkan bisnis rice bowl rumahan mu dengan resep populer yang pasti disukai banyak orang!

 

1 thought on “Ide Menu Rice Bowl Inspirasi Bisnis Rumahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *