Home » Artikel » Makanan » 5 Fakta Seru Dibalik Sebungkus Nasi Padang

Makanan yang biasa kita temui di warung-warung makan ini ternyata menarik loh, dari 5 fakta seru nasi padang ini berapa sih yang kamu tau? Coba tebak yuk!

Hidangan nasi padang pasti udah bukan lagi sesuatu yang asing kan buat kalian? Bukan cuma di kota-kota besar aja, tapi warung makan nasi padang sudah merajalela ke seluruh daerah dari sabang sampai merauke.

Bukan cuma tampilan dan wangi hidangan nasi padang aja yang menarik, ternyata ada 5 fakta seru juga loh dibalik hidangan favorit kita ini, simak ya!

1. Porsi nasi padang lebih banyak jika dibungku

Siapa disini yang tim nasi padang dibungkus? Tos dulu yuk!

Selain lebih enak karena bisa dinikmati di rumah kita yang lebih nyaman, ternyata nasi padang yang dibungkus juga punya porsi yang lebih besar loh dibanding kalau kita konsumsi langsung di restoran.

Alasan pertama cukup menarik loh! Kalau ditelusuri sejarahnya, nasi padang di zaman belanda hanya dapat dinikmati oleh kalangan elit.

Nah, saat ada yang pesan untuk dibawa pulang, pemilik warung makan nasi padang biasa membawakan porsi lebih banyak agar porsi nasi padang tersebut cukup untuk dibagikan dengan yang lain.

Ada juga alasan kedua yang tidak kalah menarik nih. Pastinya karena adanya biaya pelayanan saat nasi padang dinikmati langsung di warung makan atau restoran. Dengan harga yang sama, tentunya porsi nasi padang yang disediakan saat makan langsung di restoran akan menjadi lebih sedikit bila dikurangi dengan biaya pelayanan.

Kira-kira kamu setuju sama alasan yang mana nih?

2. Foto kakek berkopiah hitam

 

Kamu pernah ga nih ngeliat foto kakek legendaris ini di warung makan nasi padang favorit kamu? 

Sebenarnya siapa sih kakek ini? Yuk kita cari tahu bareng-bareng ya!

Kakek ini dikenal sebagai Syekh Ungku Saliah. Adanya foto ini pun sebenarnya menandakan bahwa pemilik warung makan berasal dari Pariaman, Sumatra Barat. Konon menurut kepercayaan orang Pariaman, Syekh Ungku Saliah adalah orang keramat.

Dengan memajang fotonya di warung makan mereka, mereka percaya bahwa rejeki akan datang. Meskipun pastinya dengan wangi makanan yang tercium dari restoran pun pastinya kita pun tergiur untuk mampir, betul?

3.  Tidak semua bahan lauk bersifat jahat

 

Meskipun nampaknya makanan lauk di warung makan nasi padang semua mengandung lemak dari santan, tapi ini tidak sepenuhnya benar lho!

Banyak yang berfikir bahwa bahan-bahan yang digunakan untuk memasak lauk di warung makan nasi padang hanya mengandung lemak yang jahat untuk tubuh pengkonsumsi.

Ada yang bilang pun pedas dari rasa makanan bisa mengakibatkan diare, ataupun rasa asin dari garam yang berlebihan digunakan dapat menyumbang potensi darah tinggi.

Faktanya, kandungan lemak berbahaya pada santan hanya seperempat jumlah yang terdapat di minyak goreng lho, dan kalori pada santan pun lebih rendah.

Selain itu, kehadiran bumbu rempah-rempah yang digunakan untuk memasak lauk di hidangan nasi padang ini dapat berperan sebagai antioksidan yang mempunyai manfaatnya sendiri, seperti mencegah lemak jahat dari pembentukan plak.

Tapi ingat, segala yang berlebihan pun tidak baik ya! Yang penting kita tetap bijaksana dalam memilih hal untuk di konsumsi.

Baca juga: Resep Jantung Pisang

4. Cara penyajian yang unik

 

Pernah bertanya-tanya ga sih kenapa restoran nasi padang selalu menyediakan semua lauk nya diatas meja dengan piring ditumpuk-tumpuk? 

Ada fakta menarik juga lho di balik ini!

Secara tradisional, rumah makan nasi padang memang memiliki pelayanan khusus untuk para pengunjung. Warung makan nasi padang memiliki prosesi spesial yang disebut Manatiang — dimana para pelayan membawa piring aneka lauk yang sudah bersusun-suun ke meja pengunjung.

Kerennya, setiap masing-masing dari para pelayan ini bisa memegang sampai 13 piring dengan tangan kiri nya untuk dibawa ke meja, lalu menggunakan tangan kanan untuk menata piring-piring ini di meja pengunjung. Kira-kira butuh latihan berapa lama ya untuk bisa melakukan ini?

Hal ini juga sebenarnya mengandung filosofi yang sampai sekarang pun turun-temurun, yaitu konsep penyajian cepat untuk menghormati para pengunjung yang sudah memberikan waktu dan energinya untuk datang ke restoran mereka.

Sebagai tanda terima kasih, para pelayan wajib mengeluarkan semua makanan dalam waktu yang singkat agar para pengunjung tidak perlu menunggu lama-lama sebelum mulai mengkonsumsi makanan yang sudah dipajang diatas meja. Kamu bisa juga nih baca filosofi ini di buku Cita Rasa Nusantara yang ditulis oleh William Wongso!

Pastinya dengan semua hidangan ditaruh depan kita dengan wangi makanan yang sangat menggiurkan ini, bikin kita sebagai pengkonsumsi makin kalap kan ya? Ini juga sebetulnya bisa jadi salah satu strategi yang digunakan restoran untuk membuat kita makan lebih banyak lho!

Oh iya, mau juga dong pendapat kalian — dalam masa post-pandemic seperti ini, kalian masih mau gak sih kalau restoran padang menumpuk semua hidangan diatas meja seperti biasanya?

5. Nasi padang lebih enak dinikmati pakai tangan

 

Nah, kalo yang terakhir ini mungkin belum tentu fakta ya, tapi mimin Cuisinesia pingin nanya dulu dong ke kamu!

Kalo kamu tim sendok garpu apa tim makan pake tangan nih? Jawab di kolom komentar ya!


Jadi dari 5 fakta seru nasi padang diatas, ada berapa nih yang sebelumnya kamu udah tau?

Kalo boleh jujur nih, mimin pun baru tau setelah melakukan riset soal ini loh! Kira-kira tau hal-hal diatas bikin makan nasi padang lebih seru ga ya? Pastinya bisa banget jadi bahan obrolan saat makan bareng temen-temen di restoran nasi padang dong ya!

Kira-kira kalian pingin tau fakta seru dari hidangan apa lagi nih?

Oh ya, jangan lupa cek juga ya resep terbaru dari web kita untuk cara mudah membuat bubur ayam yang ciamik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.