Home » Artikel » Makanan » 9 Makanan Khas Papua, selain Papeda yang Bisa Kamu Coba!
Indonesia memiliki banyak sekali makanan khas di setiap daerahnya, tidak terkecuali Papua. Selain wisata alamnya, Papua juga menyimpan banyak keunikan dan keanekaragaman budaya serta adat istiadat. Selain dari pesona alam Papua yang sangat indah, makanan khas Papua juga sangat menggugah selera untuk dicoba. Wajar saja, hal ini karena makanan khas ini begitu unik dan otentik.

Penasaran apa saja makanan khas dari Papua? Simak beberapa makanan khas dari Papua di bawah ini yang akan membuat kamu ketagihan dan semakin jatuh cinta.

 

Makanan Khas Daerah Papua

1. Papeda

Makanan Khas Papua
Sumber: Wikipedia.org

Papeda seakan jadi “ikon” makanan khas dari Papua.  Bentuk makanan ini seperti pasta atau gel. Papeda mengandung karbohidrat pengganti nasi. Terbuat dari bubur sagu yang dapat dinikmati bareng kuah bening dan ikan bakar. 

 

2. Ulat Sagu

Makanan Khas Papua - Ulat Sagu
Sumber: Instagram/Lenny.diary

 

Sagu Bungkus Ulat Sagu merupakan makanan tradisional di Papua. Ulat sagu yang berada di dalam pohon bisa diolah dan dimasak bersama dengan sagu.  Ulat sagu yang mengandung asam lemak baik, seperti asam oleat, omega 3, omega 6, dan omega 9. Ulat sagu ini membutuhkan proses pembakaran diatas arang selama 15-25 menit.

3. Ikan Bakar Manokwari

Makanan Khas Papua Ikan Bakar Manokwari
Sumber: cakbagus.net

Manokwari adalah salah satu nama daerah yang berada di Papua. Manokwari mempunyai makanan yang kekhasnnya terletak pada bumbu yang digunakan. Makanan khas Manokwari, Papua itu adalah Ikan Bakar Manokwari.

4. Udang Selingkuh

Makanan Khas Papua - Udang Selingkuh
Sumber: Instagram @kuedorayakiku

 

Terletak di sebuah dataran tinggi Kabupaten Jaya Wijaya, menu Udang selingkuh terkenal sebagai makanan khas asli masyarakat Lembah Baliem, Papua.

Dinamakan Udang Selingkuh oleh masyarakat Wamena karena udang tersebut memiliki capit berbeda dari udang pada umumnya. Jika biasanya udang memiliki capit kecil, Udang Selingkuh memiliki capit besar yang mirip dengan capit kepiting. Masyarakat sekitar beranggapan bahwa udang ini merupakan hasil perselingkuhan antara kepiting dan udang.

Penyajian udang selingkuh biasanya dilengkapi nasi hangat dan sayur bunga pepaya atau kangkung.

Baca juga: 5 Fakta Seru Dibalik Sebungkus Nasi Padang

 

5. Sagu Lempeng

Makanan Khas Papua - Sagu Lempeng
Sumber: Wikipedia.org

 

Sagu lempeng ini merupakan makanan dari Papua yang bisa kamu coba. Biasanya sagu lempeng dikonsumsi sebagai cemilan dan ditemani teh hangat.Tekturnya sedikit keras saat digigit, itulah yang menjadi ciri khas sagu lempeng ini.

6. Kue Lontar

Makanan Khas Papua - Kue Lontar
Sumber: Masakanafika.web.app

Pada mulanya kue ini disebut dengan rontart, tapi karena agak sulit dilafalkan maka penduduk Papua akhirnya menyebut kue ini menjadi kue lontar. Kue lontar sendiri mirip seperti kue pie susu yang terkenal dari Bali. Kue lontar dibuat dari bahan dasar telur yang kemudian dicetak menggunakan piring keramik.

7. Ikan Kuah Kuning

Makanan Khas Papua - Ikan Kuah Kuning
Sumber: instagram@yanesthi

Ikan kuah kuning khas Papua. Kuah kuning khas Papua, sangat cocok dinikmati dengan Papeda. untuk cita rasa yang nikmat, sebisa mungkin gunakan ikan yang segar. Ikan yang biasanya dimasak kuah kuning adalah ikan tongkol atau tuna, atau bisa diganti sesuai selera.

 

8. Kue Bagea

Makanan Khas Papua - Kue Bagea
Sumber: pexel

Sagu merupakan bahan makanan pokok di Papua. Bahan makanan ini biasanya bakal diolah menjadi beragam olahan makanan. Kue Bagea adalah salah satu contohnya. Pada kue ini, sagu bakal diolah bersama soda kue, kenari, minyak sayur, kacang tanah, tepung terigu, cengkeh bubuk, dan kayu manis bubuk. Sebelum dikukus, bagian dalam kue ini bakal diberi isian berupa kacang hijau.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.